Daftar Jurnal Ber Impact Factor

Publikasi ilmiah hasil penelitian atau pengabdian kepada masyarakat tentunya diharapkan pada jurnal yang memiliki reputasi yang baik. Untuk jurnal nasional lebih kita kenal dengan peringkat akreditasi. Sedangkan jurnal internasional tidak menggunakan istilah akreditasi untuk memberikan peringkat.

Beberapa waktu yang lalu, jurnal yang baik dinilai dari terindex pada SCOPUS atau tidak? untuk yang terindex  dinilai sebagai jurnal yang baik atau istilahnya jurnal bereputasi.

Namun seiring perkembangan jumlah dan kualitas jurnal, yang tentunya akan mempengaruhi tingkat persaingan, maka peringkat lebih dilihat dari impact factor (IF) atau secara sederhana adalah berdasar pada jumlah artikel yang terdapat pada jurnal dijadikan pustaka (citasi) untuk penelitian lain (yang di publikasi internasional juga).

Impact factor dihitung dari hanya dalam kurun waktu 2 tahun, maksudnya penentuan angka IF dilihat dari jumlah citasi pada artikel dalam 2 tahun setelah jurnal tersebut terbit

Angka atau peringkat IF tentunya tidak ada batasan, tapi makin besar angkanya artinya jurnal tersebut makin baik. Disisi lain makin tinggi akan semakin ketat dan sulit untuk dapat memasukkan artikel kedalamnya.

Daftar citasi jurnal internasional

Untuk yang sedang mencari jurnal internasional angka IF ini  perlu dijadikan patokan dan disesuaikan dengan kemampuan dan hasil penelitian kita, kalau yakin hasil penelitiannya baik yaitu memiliki originalitas dan novelty (kebaruan) serta disajikan dengan benar (bahasa Inggris yang baik), jangan pernah takut untuk memasukkan ke jurnal dengan IF tinggi, siapa tau bisa masuk ke jurnal sekelas Pharmacological Reviews Journal yang pada tahun 2015 memilik IF 17,10, angka ini sudah sangat tinggi ya.. tapi mereka pernah sampai angka 44,667 di tahun 1993… WOW.

Atau mungkin mau nyoba ke Science yang tahun 2014 memiliki IF 31,477, atau Nature dengan IF 42,351 dan kelompok jurnal Nature yang IF nya luar biasa.

Untuk daftar impact factor (IF) jurnal untuk tahun 2014 silahkan kunjungi http://www.citefactor.org/journal-impact-factor-list-2014_0-A.html

situs ini memberikan daftar jurnal sebanyak 9028 jurnal dilengkapi IF 6 tahun terakhir, sangat membantu untuk menentukan tujuan publikasi.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat publikasi

Leave a Comment