Ikatan Antar Atom

Bagaimana mekanisme atom berikatan dengan atom yang lain?

atau boleh kita bikin pertanyaan …

Bagaimana seorang manusia berikatan dengan manusia lain?

Rasanya boleh kita asumsikan atom adalah satu individu supaya kita ndak terlalu kaku berpikirnya….

Atom  akan terikat dengan atom yang lain untuk membentuk unsur atau molekul. Pertanyaan awal: Kenapa atom harus terikat dengan atom yang lain? ya…seperti kita juga toh…kenapa sibuk cari pasangan?

Pada susunan berkala unsur kita mengenal ada satu golongan yang letaknya paling kanan yaitu golongan VIIIA yang dinamai golongan gas mulia, dinamai begitu karena mereka adalah atom yang sudah stabil,  artinya tidak perlu lagi berikatan dengan atom yang lain. Boleh kita asumsikan mereka seperti orang-orang suci yang sudah stabil mungkin para nabi dan rosul ya…? mungkin bisa dikatakan stabil karena kalau ditinggal sendiri pun mereka tetap beriman dan tidak akan kesusahan hidup, anteng aja.

kembali ke atom, gas mulia menjadi stabil karena mereka memiliki 8 elektron pada kulit paling luar (kaidah oktet), kecuali Helium yang punya 2 (kaidah doblet). Jadinya atom lain akan dikatakan stabil pula bila memiliki jumlah elektron 8 pada kulit paling luar (untuk kulit L, M, N, dan O) atau 2 bila untuk kulit K.

Nah kondisi ini yang diusahakan oleh para atom, sehingga untuk mencapai itu atom dapat melakukan dua macam hal yaitu: berubah menjadi ION atau BERIKATAN dengan atom yang lain.Yang paling umum, atau yang bisa dilakukan oleh semua atom adalah berikatan. Sama kan dengan manusia?

Kita sudah sering baca di buku-buku kalau ikatan antar atom ini ada 3 macam, yaitu:

1. ikatan ionik

2. ikatan kovalen

3 ikatan logam

Dalam beberapa hal pembentukan ikatan kimia terjadi karena perpindahan satu atau lebih elektron dari satu atom ke atom lain. Hal ini mendorong terjadinya pembentukan ion positif dan ion negative dan terbentuknya satu jenis ikatan diantara kedua ion tersebut yang disebut ikatan ion.

Ikatan diantara atom-atom dalam molekul yang terjadi karena adanya pemakaian bersama pasangan electron disebut ikatan kovalen. Nonpolar adalah ikatan selain ikatan polar dan koordinasi. Polar yaitu perbedaan muatan positif dan negative terjadi pengkutuban muatan. Koordinasi terbentuk apabila pasangan electron ikatan hanya berasal dari salah satu atom yang berikatan. Atom – atom yang berbeda mempunyai gaya tarik (terhadap pasangan electron ikatan) yang berbeda pula ukuran kekuatan gaya tarik ini dinyatakan dengan keelektronegatifan. Jika atom-atom yang berikatan memiliki keelektronegatifan yang berbeda, maka pasangan electron ikatan itu lebih dekat kepada atom dengan keelektronegatifan yang lebih besar. Ikatan yang terbentuk antara atom dengan keelektronegatifan yang berbeda disebut ikatan kovalen poliatom.

Ikatan logam terjadi karena adanya interaksi antara ion positif pada logam (inti dan electron pada kulit yang lebih dalam) dengan electron valensinya.

susah ya bahasanya…??? kita bahas masing-masing ya di post lain

1 Comment

    Leave a Comment