Korosif dan Asam Sulfat

korosif Korosif adalah sifat kimia sangat reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan nyata atau kerusakan permanen pada benda biasanya logam, namun dapat juga terhdap kulit, jaringan, mata dan bagian lain dari tubuh jika terjadi kontak fisik. Karat dan oksidasi elektrokimia adalah bentuk-bentuk korosif yang terjadi pada logam, tetapi ini terjadi pada jangka waktu yang lama.

Asam sulfat adalah bahan yang paling dikenal memiliki sifat korosif kuat. Senyawa asam dan basa lain sebagian besar memiliki sifat korosif terutama asam dan basa kuat, contoh asam adalah Asam klorida (HCl) sedangkan untuk korosif basa adalah natrium hidroksida (NaOH) dan basa alkali lain.

Selain bersifat korosif, asam sulfat juga sangat eksotermik dengan air. Air memiliki massa jenis yang lebih rendah daripada asam sulfat dan cenderung mengapung di atasnya, sehingga apabila air ditambahkan ke dalam asam sulfat pekat, ia akan dapat mendidih dan bereaksi dengan keras. Reaksi yang terjadi adalah pembentukan ion hidronium:

H2SO4 + H2O → H3O+ + HSO4

HSO4 + H2O → H3O+ + SO42-

Sifat eksotermik Asam sulfat dalam air juga disebabkan oleh sifat asam sulfat sebagai pendehidrasi/penarik air yang sangat baik. Afinitas asam sulfat terhadap air cukuplah kuat sehingga ia akan memisahkan atom hidrogen dan oksigen dari suatu senyawa. Sebagai contoh, mencampurkan pati (C6H12O6)n dengan asam sulfat pekat akan menghasilkan karbon dan air yang terserap dalam asam sulfat (yang akan mengencerkan asam sulfat):

(C6H12O6)n → 6n C + 6n H2O

logo korosif Efek ini dapat dilihat ketika asam sulfat pekat diteteskan ke permukaan kertas. Selulosa bereaksi dengan asam sulfat dan menghasilkan karbon yang akan terlihat seperti efek pembakaran kertas. Reaksi lain dapat terjadi pada kayu yang akan menghitam/mengarang bila diteteskan asam sufat, pada beberapa jenis kayu dapat membentuk sumur bila diteteskan pada permukaannya. Pada gula pasir efek yang ditimbulkan gula tersebut akan menjadi karbon berpori-pori yang mengembang dan mengeluarkan aroma seperti karamel. Silahkan lihat penggambarannya pada video Sifat asam sulfat dengan klik disini

Asam sulfat pekat merupakan senyawa yang sangat berbahaya bila terpapar pada tubuh, baik cairannya ataupun uapnya bila masuk ke system pernafasan, untuk itu selalu lakukan pekerjaan dengan asam sulfat didalam ruang asam. Lakukan prosedur yang benar dalam memperlakukan asam sulfat pekat contohnya pada proses pengenceran, dengan selalu menambahkan asam sulfat ke dalam air sedikit demi sedikit melalui media yang mengalir bukan dengan diteteskan langsung. Prosedur keselamatan kerja ini untuk menghindari kecelakaan yang mungkin timbul.

1 Comment

    Leave a Comment