Mengencerkan Asam Sulfat

Asam sulfat yang tergolong asam kuat dan memiliki sifat korosif dan penarik air yang kuat harus diperlakukan dengan sangat hati-hati. Seperti ditunjukkan dalam video sifat asam sulfat, bila terkena senyawa organik, maka asam sulfat akan menarik unsur H dan O dari senyawa tersebut dan hanya menyisakan karbon.

Karena sifat tersebut, proses mengencerkan asam sulfat dengan air  harus dilakukan dengan prosedur yang benar, yaitu

memasukkan asam sulfat sedikit demi sedikit dengan dialirkan melalui media ke dalam air. Seperti ditunjukkan pada video di atas, siapkan air terlebih dahulu didalam beaker glass, alirkan asam sulfat pekat melalui batang pengaduk sedikit demi sedikit, kemudian homogenkan. Memasukkan asam sulfat juga tidak boleh dilakukan dengan meneteskan di atas air.

Batang pengaduk yang dipakai untuk mengalirkan jangan lupa untuk dibilas atau segera dicuci

Proses pengenceran tidak boleh dibalik, yaitu air yang dimasukkan ke dalam asam sulfat pekat. proses ini sangat berbahaya.

Apabila air yang dimasukkan ke dalam asam sulfat akan terjadi percikan asam sulfat bahkan dapat ditimbulkan letupan yang cukup kuat bahkan bukan tidak mungkin dapat membuat beaker glass pecah.

Reaksi asam sulfat dengan air sifatnya eksoterm (menghasilkan panas), dapat dibuktikan gelas tempat melarutkan asam sulfat akan panas bahkan sangat panas tergantung jumlah dan kekuatan asam sulfatnya.

Penggambaran sederhana kenapa tidak boleh air dimasukkan ke asam sulfat pekat?

Kita anggap asam sulfat adalah burung, sedangkan air adalah makanannya.

proses 1 : burung kita lepaskan terlebih dahulu di lapangan, kemudian makanan dilemparkan ke tengah-tengahnya, apa yang akan terjadi? pastinya akan terjadi rebutan hebat bukan? akan terjadi saling tubruk antar burung (lihat video yang diperoleh dari youtube di bawah ini)  dan proses seperti ini menimbulkan energi yang besar. kalau burung itu asam sulfat akan terjadi percikan-percikan keluar dari beaker glass dengan jarak yang cukup jauh (untuk yang ini saya tidak berani membuat videonya)

Proses 2 : Makanan ditebarkan dahulu di lapangan, kemudian burung dilepaskan sedikit demi sedikit, apa yang akan terjadi? sepertinya akan tenang saja ya….?

Bahaya asam sulfat dapat dicegah jika melakukan proses pengenceran dengan benar dan akan mencegah terjadinya kecelakan pada diri sendiri.

 

ucapan terima kasih kepada Windari Safitri sebagai model dalam video

Leave a Comment