Syarat Titrasi

Penentuan kadar dengan metoda titrasi tidak dapat dilakukan terhadap semua senyawa, dikarenakan perbedaan sifat fisika kimia senyawa. Senyawa yang dapat ditetapkan kadarnya dengan titrasi harus memenuhi syarat titrasi, yaitu :

Reaksi kimia antar analit dan titrant diketahui dengan pasti dan jelas produk-produk apa yang akan dihasilkan nantinya. Mana reaktan dan produk apa yang akan dihasilkan harus jelas dan pasti

Reaksi harus berjalan dengan cepat

Harus ada sesuatu yang bisa menandakan atau mengindikasikan bahwa reaksi antara analit dengan titrant sudah equivalent secara stoikiometri, baik itu dengan perubahan warna, perubahan arus listrik, perubahan pH, dengan penambahan indicator atau apapun yang bisa digunakan untuk mengamati perubahan tersebut.

Tidak ada hal lain yang mengganggu reaksi antara analit dengan titrant

Reaksi antara analit dengan titrant harus memiliki kesetimbangan jauh kearah kanan (artinya kesetimbangannya mengarah kearah pembentukan produk) hal ini untuk memastikan secara kuantitatif reaksi bisa dihitung, dan memastikan titik akhir titrasi bisa diamati.

Tidak banyak senyawa yang dapat ditentukan kadarnya dengan titrasi secara baik, namun karena senyawa yang memenuhi syarat titirasi merupakan senyawa yang populer atau banyak digunakan sehingga titrasi menjadi metoda yang diandalkan di laboratorium

Leave a Comment